Powered by Blogger.

Sawarna, Pantai Indah di Ujung Sukabumi

Mungkin banyak orang belum mengetahui Pantai Sawarna, karena memang tempatnya yang sangat jauh dari pusat kota. Apabila kalian semua mengetahui Pelabuhan Ratu, nah untuk ke Sawarna masih perlu menempuh perjalanan sebanyak kurang lebih 2 jam dengan jalan naik turun dan bolong. Memang sangat sayang sekali jalan ini belum dibetulkan opleh pemerintah, padahal ini merupakan salah satu wisata alam yang memberi keuntungan untuk daerah itu sendiri.

Saya bersama 16 teman saya menggunakan bis menuju ke Sawarna. Kami berangkat dari Depok pukul 07.00 melewati Bogor.Pada saat perjalanan kami melewati pantai Pelabuhan Ratu dan itu sangat indah. Jadi ga sabar nyampe di Sawarna hehe

Kami sampai di Sawarna pukul12.30 dan langsung makan siang. Memang saya menyewa kamar yang sudah plus makan siangnya. Murah loh penginapan cuma 100.000/oranng udah plus makan 2x sehari. Makannya pun ga sembarangan, ada ayam, ikan, sayur dan makannya enak-enak.

Setelah kami makan, kami beristirahat dulu. Kami menyewa sebuah rumah di sana. Oh iah kalo di Sawarna itu kamu ga dihitung per kamar tapi per orang. Jadi mau kamu menyewa satu kamar buat sendiri atau buat rame-rame bayarnya tetep per kepala. Enak kan hehe

Pukul 04.30 kami bergerak ke pantai dan menemukan banyak orang bule. Bahkan wisatawan yang datang banyakan bule daripada  pribumi. Mungkin karena ombaknya yang sangat besar mnembuat bule ingin ke sini untuk surfing hehe. Di sana teman-teman saya yang cowo sempet bermain bola bersama bule dan bule tersebut ngajak party besok malam. Hehe seru ya. Kami menyusuri pantai-pantai di di sana dan tentu saja melihat sunset, ihiw

Foto di pantai pada saat sunset

Pada saat bermain bola di pantai bersama bule

Foto di pantai pada sore hari

Foto di karang di Pantai

Besoknya kami menuju ke gua kelalawar. Cukup berjalan kaki sepanjang 1 km sudah sampai di tempat. Gua ini di bawahnya ada air gt jadi hati-hati ya terpeleset dan jatuh.

Foto di dalam gua kelalawar

Bergaya dulu di gua kelalawar

Selanjutnya kami menuju ke pantai tanjung layar. Perjalanan emang agak jauh, sekitar 2 jam dengan naik turun gunung melewati sawah. Kami juga sempet nyasar untung saya bisa bicara bahasa sunda, jadi saya nanya ke petani sana. Tapi perjuangan yang kita lalui sesuai dengan hasilnya. Pantainya indah banget. Masih sangat bersih dan ga banyak orang yang datang. Bahkan orang sana bingung kenapa kami bisa datang hehe. Pada saat kami lagi main-main, ada nelayan datang dari laut. Teman-teman saya yang cowo segera membantu petani meminggirkan perahu. Yang perempuan sih diam saja daripada mengganggu hehe.
Melewati sawah pada saat perjalanan ke Pantai Tanjung Layar

Foto di jembatan 'menakutkan'

Melihat keindahan pantai dari atas

Foto di Pantai Tanjung Layar

Teman-teman cowo membantu nelayan memdorong perahu ke pinggir pantai

Sorenya kami menuju ke pantai Cimanuk. Untuk ke pantai cimanuk kita menggunakan bis sekitar 15 menit dari tempat penginapan. Seperti di pantai sebelumnya kita foto-foto dan tentu saja menikmati sunset hehe. Sayangnya pas mau nyimpen foto memorinya rusak huhuhu

Besoknya kami pulang dengan hati riang gembira hehe. Pokoknya ga nyesel ke Pantai Sawarna, kalian semua harus ke sana. Recomended hehe

1 comments :

Rijal Maulana said...

sukses admin ,waaaaaaaaaaaaaah kiarin ane di anyer lokasinnya salam dari penginapan daerah lembang http://www.bookingvillaistanabunga.com